Saturday, June 5, 2010

Daftar Aksi Israel pada 2010

Berikut ini daftar aksi Israel terhadap warga Palestina sepanjang 2010:

5 Januari: Israel menyetujui pembangunan empat apartemen untuk warga Yahudi di Yerusalem Timur, meski dunia internasional mendesak pembangunan permukiman dihentikan.

5 Januari: Israel meluncurkan serangan udara ke Jalur Gaza. Akibatnya, seorang pejuang Palestina tewas dan tiga orang lainnya terluka.

8 Januari: Israel melancarkan serangan udara pada malam hari di Jalur Gaza. Akibat serangan tersebut, tiga warga sipil Palestina tewas, termasuk satu orang anak berusia 14 tahun.

10 Januari: Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza sehingga menewaskan tiga pejuang Palestina dari Islamic Jihad.

20 Januari: Pendiri Brigade Izzedine al-Qassam, Mahmoud al-Mabhouh, dibunuh di Dubai. Mahmoud diduga tewas dibunuh agen Israel.

10 Februari: Pesawat-pesawat Israel menyerang Gaza bagian selatan. Serangan tersebut merusak Bandar Udara Yasser Arafat yang sudah tidak dipakai.

17 Februari: Palang Merah Internasional mengecam pendudukan Israel terhadap wilayah Tepi Barat yang dihuni warga Palestina.

14 Maret: Tentara Israel menangkap salah satu pemimpin Hamas, Mahar Uda, di Tepi Barat.

16 Maret: Warga sipil Palestina bentrok dengan polisi Israel terkait rencana pembangunan permukiman warga Yahudi di Yerusalem Timur.

19 Maret: Israel terlibat bentrokan dengan warga Palestina di Jalur Gaza. Militer Israel menembakkan gas air mata ke arah warga.

20 Maret: Israel melancarkan serangan udara dekat Rafah di sebelah selatan Gaza. Sedikitnya 11 warga sipil Palestina terluka dalam serangan tersebut.

26 Maret: Bentrokan antara pejuang Hamas dengan tentara Israel di Jalur Gaza menewaskan dua tentara Israel dan dua pejuang Hamas. Tentara Israel menggunakan senapan mesin dan tank.

27 Maret: Tank-tank Israel merangsek ke Jalur Gaza menyusul bentrokan yang menewaskan dua tentara Israel dan dua pejuang Palestina.

2 April: Pesawat-pesawat Israel melakukan serangan udara sebanyak 13 kali ke Jalur Gaza. Akibat serangan tersebut, tiga anak-anak terluka. Israel mengatakan mereka mengincar empat pabrik senjata.

14 April: Warga Yahudi di Tepi Barat diduga terlibat vandalisme di sebuah masjid. Warga Yahudi tersebut mencoret-coret dinding di masjid tersebut. Selain itu, mobil juga dibakar dan pohon-pohon ditumbangkan.

19 April: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak permintaan agar Israel menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di Yerusalem Timur. Padahal, sebagian wilayah Yerusalem Timur dihuni warga Palestina.

26 April: Tentara Israel membunuh pejuang Palestina Ali Suweiti di Tepi Barat. Ali Suweiti merupakan buron Israel sejak 2004.

21 Mei: Israel menembak dua pejuang Palestina yang memasuki Israel melalui Jalur Gaza. DI hari yang sama, jet tempur Israel mengebom sebagian Kota Gaza dini hari.

25 Mei: Israel meluncurkan serangan udara pada malam hari di Jalur Gaza. Sekitar 22 warga Palestina terluka, dua di antaranya terluka serius.

31 Mei: Tentara Israel menyerang relawan pembawa bantuan kemanusiaan yang tergabung dalam Armada Kebebasan (Freedom Flotilla). Sedikitnya 10 orang tewas dan lebih dari 30 orang terluka.


Sumber : http://tempointeraktif.com/hg/timteng/2010/06/01/brk,20100601-251719,id.html?page=1

---
Posting ini di tulis juga di Notes FBku pd Saturday, June 5, 2010 at 2:27pm dan di roup PRAY FOR PALESTINE Posted on June 5, 2010 at 8:51am
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...