Sunday, May 15, 2011

Macam-Macam Situs Jejaring Sosial Muslim

Kehadiran Facebook yang begitu fenomenal telah menghadirkan dan meninggalkan berbagai cerita baik positif maupun negatif. Di beberapa group ada yang mendiskreditkan Islam dan dalam kasus ini, kita tidak bisa berbuat banyak karena tidak bisa berperan sebagai admin / eksekutor.

Karenanya, munculah beragam situs jejaring sosial khusus bagi muslim yang dimulai dengan kehadiran Muxlim.com, terus MillatFacebook (MFB) dan setelah itu berbagai situs sejenis bermunculan seperti joinMuslims.com (JM), Facelim.com (FL) Nahnumuslim.com (NM), PencerahanHati.com (PH) dan sebagainya. Namun sebagian dari kita barangkali belum mengetahuinya dan inilah macam-macam Situs Jejaring Sosial Muslim yang dimaksud tersebut :


1. Facelim.com *[1]


Facelim adalah Jejaring Sosial Muslim dan asli produk Muslim anak bangsa Indonesia.

 

Jejaring Sosial ini berdiri pada tanggal 11 Juni 2010 di kota Malang Pendirinya Haris Iwan dan Marketingnya Zainal Abidin. Para netter yang sering menggunakan facelim disebut Facelimer. dan Facelim mempunyai Slogan yaitu MUBINA singkatan dari Menjalin Ukhuwah, Berbagi Rezeki, Ilmu, dan Nasehat. Sehingga facelimer akan mendapatkan banyak manfaat saat berselancar di facelim. karena di facelim akan mendapatkan persahabatan baru sesama muslim, baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di Dunia. [1]

Cara Daftar: Buka www.facelim.com 


Jangan lupa centang kotak I have read and agree to the terms of service setelah itu klik Continue selanjutnya sama seperti proses di facebook..


2. Nahnumuslim.com *[2]



Nahnumuslim.com awalnya merupakan cita-cita dan mimpi pemimpin dan pemilik Ar Rahmah Media, Muhammad Jibiel Abdul Rahman --semoga Allah senantiasa melindunginya-- yang kini telah terealisasi. karena divonis bersalah oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan tuduhan menyembunyikan informasi dan membantu tindak "terorisme" beberapa bulan lalu yang ternyata tuduhannya tidak dapat dibuktikan dipersidangan, tetapi semangat Jibriel dalam berjihad melalui media cyber sangatlah tinggi. Seluruh tuduhan yang ditujukan kepada Muhammad Jibriel sangat direkayasa dan tidak ada yang terbukti satu pun.

 

Situs jejaring sosial ini telah aktif mulai tanggal 2/9/2010, dan baru dua hari diluncurkan, sambutan dari publik sangat luar biasa, bahkan sampai sekarang masih banyak yang penasaran akan situs jejaring sosial Islami ini.

Nahnu Muslim berasal dari bahasa Arab yang berarti "We are Muslims" dalam bahasa Inggris, atau "Kami Muslim" dalam bahasa Indonesia. Dipilihnya alamat ini, menurut Ar Rahmah Media selaku pembuat dan pemilik jejaring sosial ini karena dinilai sangat pas untuk mewakili apa yang ada di dalamnya.

Kenapa nahnumuslim? Mungkin banyak jejaring sosial yg meniru facebook, bahkan membuat agak mirip dengan namanya. Namun ini adalah sebuah warna baru dalam ajang jejaring sosial muslim di dunia dan Ar Rahmah Media ingin membawa kaum muslimin untuk lebih peduli dengan saudara muslimin yang lain, bukan hanya bertanya kabar, tapi saling berbagi ilmu dan lainnya.

Sistem nahnumuslim yang sekarang digunakan masih sangat sederhana atau dikenal dengan istilah micro blogging.

Situs ini akan menjadi tempat bagi ummat Muslim di mana saja berada untuk saling berbagi informasi, pengalaman, juga dapat dijadikan tempat untuk penyebaran dakwah Islam. [2]

3. Pencerahan Hati.com *




4. Cybermuslim.com**


Laman jejaring sosial garapan Muslim tanah air, CMnet menjadi populer semenjak diperkenalkan 6 Agustus 2010. CMnet yang beralamat www.cybermoslem.net ini merupakan jejaring sosial lokal Indonesia yang pengoperasiannya mirip Facebook dan Twitter. Bedanya, sistem yang dikembangkan CMnet berbasis open source.

Lantaran popularitasnya yang terus menanjak, laman ini kerap menjadi sasaran hacker. Sampai saat ini CMnet sudah diserang hacker sebanyak 5.000 kali. Bahkan sempat laman ini tidak bisa diakses karena serangan hacker.

Karena itu, pengelola terus berupaya memperbaharui sistemnya sehingga mampu membentengi CMnet dari serangan hacker dan membuatnya lebih kuat dan stabil. Diharapkan pula, pemerintah Indonesia bersedia mengembangkan CMnet sebagai aplikasi berbasis web di Indonesia
 
5. Salingsapa.com**

Salingsapa.com merupakan situs jejaring sosial muslim yang dibuat oleh siswa SMP kelas 7. Muhammad Yahya Harlan (13 th) dengan bimbingan ayahnya Yan Harlan  (45 th). Ada beberapa kelebihan situs ini jika dibandingkan dengan facebook.  User dapat meng-customize wall background dengan warna2 pilihan atau dengan image yang diupload. Selain itu, user juga dapat mengupload file MP3 dan dimainkan di profilnya. Setiap orang yang melihat profilnya dapat mendengarkan mp3  yang telah diunggah oleh pemilik profil


6. JoinMuslims.com *

 

7. Muslimbook.com**

Tampilan dan fitur Muslimbook.com sekilas didesain mirip dengan Facebook namun mengetengahkan nuansa Islami dalam konten dan fitur.

Serupa tapi tak sama, Muslimbook memang diadaptasi untuk menandingi Facebook. Jadi, jangan heran bila fitur situs ini seperti mengadopsi bermacam fitur Facebook namun dimodifikasi untuk ajaran islam. Pada bagian depan laman, tertulis “Terhubung dan berbagi dengan orang-orang di sekitar anda”. Dibawahnya, terdapat ikon individu yang mengenakan hijab.

Seperti halnya situs jejaring sosial lainnya, untuk bisa memanfaatkannya anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Namun jika anda telah mempunyai akun Facebook


8.  Muslimunite.com**



Derasnya dominasi laman pertemanan yang jauh dari nuansa Islam mengilhami lahirnya situs ini. Laman sosial ini dikembangkan oleh seorang muslim Kanada keturunan Pakistan. Meski belum sekuat Facebook atau Twitter, laman ini tengah menjadi populer di kalangan mahasiswa, profesional hingga ibu rumah tangga.

Muslims-unite memiliki misi mulia untuk menghubungkan umat Islam di berbagai belahan dunia dalam satu wadah. Selain itu, Muslims-unite mendorong terjadinya interaksi dan pertukaran pandangan terhadap isu publik di dunia Islam. Sebuah interaksi yang diharapkan mampu membawa umat Islam lebih terintegrasi, bersatu, dan meniadakan jarak serta perbedaan.

Seperti diberitakan Nation.com, Rabu (21/7/10), salah satu alasan laman ini begitu populer karena konsisten mendorong anggota-anggotanya  menerapkan ajaran Islam secara benar dalam kehidupan sehari-hari.


9.  Muxlim.com [3]

 

Situs jejaring sosial khusus komunitas Muslim itu pertama kali diluncurkan pada 2006. Muxlim Inc yang didirikan Mohamed El-Fatatry dan Pietari Paivenen (dua entrepreneur yang berbasis di Finlandia) itu telah meraih kesuksesan. Teman-teman tidak percaya? Berikut sederet prestasi dan atau nilai lebih yang dapat kita temui pada Muxlim.com  (saya himpun dari berbagai situs)
  • BBC menobatkan Muxlim sebagai salah satu situs jejaring sosial yang tumbuh paling cepat di dunia.
  • Muxlim ini juga telah diakses puluhan juta user setiap tahun.
  • Muxlim telah dinobatkan sebagai salah satu finalis Red Herring 100.
  • Pada 2008, surat kabar terkemuka di Finlandia Helsingin Sanomat memasukkan Muxlim Inc dalam 100 perusahaan tersukses di negara itu.
  • Majalah teknologi terkemuka di Amerika Serikat (AS) menobatkan Muxlim sebagai salah satu best tech start-ups dari Eropa.
  • My Muxlim menjadi situs jejaring sosial yang menghubungkan umat Muslim di 190 negara.
  • Situs jejaring sosial ini menawarkan Quran.Muxlim.com. Dengan fasilitas itu, kita bisa mendapatkan terjemahan Alquran dalam 25 bahasa.
  • Muxlim menawarkan Search.Muxlim.com, yang berfungsi untuk melacak dan mencari situs Muslim serta seluruh web.
Anak-anak Muda Muslim di Eropa dan Amerika Utara saat ini amat menggemari Muxlim. Menurut pengakuan salah seorang dari mereka, Shabana Ahmadzai (19) warga Finlandia keturunan Afghanistan yang sudah dua tahun bergabung menjadi anggota Muxlim, Muxlim membuat pertemanan dan gabung dalam sebuah grup di Muxlim lebih mudah ketimbang di Facebook. “User berbagi ideologi yang sama meskipun non-Muslim bahkan ateis sekalipun. Kenyataannya di Muxlim, Anda akan tertarik untuk mengetahui Islam dan mengetahui bagaimana Muslim itu,'' tutur  Shabana (saya kutip dari lintasberita.com).

Menurut pendiri Muxlim, Mohamed El-Fatatry (24), jumlah pengunjung situs jejaring sosial yang diciptakannya mampu mencapai 1,5 juta per bulan, naik pesat dibandingkan 18 bulan lalu yang hanya mencapai 100 ribu pengunjung. Seperti halnya situs jejaring lain Muxlim hidup dari iklan dan jualan konten yang dapat di-download. Kini, Muxlim sedang berusaha menjalankan strateginya, merambah negara-negara minoritas Muslim. Saat ini, sekitar 60 persen pengguna Muxlim berasal dari Amerika Utara dan Eropa. Sekitar tiga persen anggota Muxlim adalah non-Muslim dan lebih dari separuh pecinta situs itu adalah kaum hawa. Situs ini pada 2007 mendapat suntikan dana sebesar 2 juta dolar AS dari perusahaan Rite Internet Ventures (perusahaan Swedia yang dimotori Christoffer Hagglund).

Saat ini jumlah pengunjung Muxlim hanya dua persen dari total populasi dunia online Muslim. Masyarakat Muslim dunia adalah pasar yang sangat menjanjikan. Pada 2007, JWT (sebuah agen periklanan) memperkirakan pendapatan tahunan umat Islam di AS mencapai 170 miliar dolar AS. Jumlah umat Islam di dunia saat ini saja mencapai 1,5 miliar jiwa. Pasar yang potensial untuk membesarkan Muxlim.




Referensi :
*http://www.zahiyyah.co.cc/2010/09/geliat-jejaring-muslim-indonesia.html
** http://warungpojokdigital.blogspot.com/2011/03/situs-jejaring-sosial-muslim.html
[1] http://putra-dayeuhluhur.blogspot.com/2011/04/facelim-jejaring-sosial-karya-muslim.html
[2] http://arrahmah.com/read/2010/09/03/9036-situs-jejaring-sosial-islami-besutan-ar-rahmah-media-semarakkan-dunia-maya.html
[3] http://danisugiri.multiply.com/journal/item/46/Situs_Jejaring_Sosial_ala_Facebook_Bernuansa_Islam_Muxlim.com

Selamat memilih situs jejaring sosial muslim yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...