Sunday, November 6, 2011

Meksiko Bangun Gedung Pencakar Perut Bumi


Biasanya kita dibuat terkagum-kagum dengan adanya gedung-gedung tinggi pencakar langit. Kali ini bersiaplah untuk menyambut adanya bangunan luar biasa dari kota Meksiko, yakni gedung pencakar perut bumi.


Gedung pencakar perut bumi yang dimaksud adalah bangunan raksasa berbentuk piramida terbalik yang 'ditancapkan' di kedalaman tanah sedalam 300 meter menuju perut bumi.

Gedung piramida terbalik ini akan memiliki 65 lantai dari bawah tanah. Sebanyak 35 lantai paling ujung atau paling dalam dari gedung ini akan dijadikan pusat perkantoran. 10 lantai di atas area perkantoran adalah tempat tinggal, 10 lantai di atas area tempat tinggal atau pemukiman adalah pusat perbelanjaan, dan 10 lantai di atas pusat perbelanjaan adalah museum.

Permukaan paling atas dari gedung terbalik ini akan ditutupi lantai yang terbuat dari kaca seluas 240 meter x 240 meter. Sehingga di dalam bangunan tersebut mendapatkan cahaya alami dari dunia atas. Di tengah persegi tersebut tak lupa ditancapkan pula bendera nasional Meksiko.

Esteban Suarez, dari perusahaan arsitektur BNKR Arquitectura mengatakan, bangunan tersebut akan menjadi pusat budaya baru bagi Meksiko.

"Infrastuktur baru, perkantoran, pusat perbelanjaan dan kawasan hunian baru di kota ini diperlukan tetapi tidak ada lahan yang tersedia," ungkap Suarez seperti dilansir Daily Mail.

"Hukum federal dan hukum lokal melarang adanya penghancuran dari gedung-gedung yang mengandung sejarah. Adapun gedung baru yang boleh dibangun hanya dibatasi sampai delapan tingkat saja," lanjutnya.

"Pusat sejarah kota ini perlu dilakukan pembaharuan tetapi tidak ada tempat untuk itu. Satu-satunya cara adalah membuat gedung yang dibangun terbalik," jelasnya.

Berikut Rancangan Gedung Pencakar Perut Bumi

Kompleks besar ini dimaksudkan untuk mendapatkan hukum putaran perencanaan kota, yang menyatakan bahwa bangunan dapat tidak lebih dari delapan lantai yang tinggi

Bumi scraper akan terletak di alun-alun utama kota, dan ditutup dengan bendera Meksiko besar

Inti adalah semua terbuat dari kaca untuk memastikan bahwa semua bagian bangunan menerima sinar matahari alami dari dunia luar

Desainer mengharapkan tempat umum bangunan menjadi tujuan populer bagi mereka yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota

Bumi-scraper diharapkan mengandung sebuah museum dan pusat budaya yang akan menjelajahi sejarah Meksiko dan piramida

Satu keuntungan dari struktur yang tidak biasa adalah bahwa hal itu akan menciptakan ruang di pusat Mexico City, yang penuh dengan bangunan bersejarah yang tidak dapat dihancurkan

Interior bangunan seharusnya terlihat alami, dan ramah

Penggunaan ruang kreatif akan memungkinkan plaza yang akan digunakan untuk acara-acara seperti konser dan parade militer

Ruang meliputi bumi scraper akan mengambil 240 meter persegi di jantung ibukota Meksiko

Sebagian besar bangunan ini diharapkan akan dikhususkan untuk ruang kantor

Bumi scraper hampir pasti menjadi salah satu tujuan utama kota ritel secepat itu dibuka

Gambar ini menunjukkan stasiun metro yang diusulkan yang akan melewati bumi scraper tepat di bawah permukaan tanah

Tidak ada bangunan publik lainnya meluas sehingga jauh di bawah tanah

Bangunan teknik ini akan menjadi prestasi yang luar biasa

Alun-alun, ditampilkan seperti yang terlihat saat ini, akan diubah oleh rencana radikal

65 lantai 'bumi scraper' diatur untuk terjun ke dalam tanah 300m di bawah Mexico City


Sumber : campuranjoss.blogspot.com/
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...