Monday, March 29, 2010

Menjadi orang yang lebih baik dengan mengenal diri sendiri

Kadang, kita kurang mengenali dan memahami siapa diri kita yg sebenarnya. Apa kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan kita. Tak ada orang yang sempurna. Kita semua punya ‘keanehan’ dan keunikan. Kadang, keanehan ini justru membuat kita cute, istimewa, dan disukai. Tapi, sebagian dari keanehan ini mungkin kurang menarik dan untuk itu, diperlukan pemahaman dan pengenalan diri sendiri agar kita bisa memperbaikinya.

Tidak semua orang mengenal dirinya sendiri. Kita mungkin pernah menghadapi seseorang di gym yg menganggap semua peralatan di sana adalah miliknya dan tak mau share. Atau anggota keluarga yg merasa mereka selalu benar dan seisi dunia yang lainnya salah. Atau kita mungkin bekerja dengan kolega yg terus menerus memproduksi toksisitas ke dalam hidup kita. Siapapun dan apa pun kasusnya, orang2 ini ada di tengah kita.

Pentingnya mengenal diri sendiri

Mengenal diri sendiri itu penting karena bisa membuat kita menjadi orang yang lbh baik. Penjelasannya sebagai berikut :

Empati
Kemampuan untuk melihat kapan kita salah atau kapan kita melakukan kesalahan2 membuat kita bisa melihat sudut pandang orang lain dan berempati dengan situasi atau perasaan2 mereka.

Pengakuan
Anda mungkin pernah mengalami, orang yang tidak mengenal diri sendiri sangat sulit minta maaf atau mengakui bahwa mereka salah. Orang2 ini bahkan tak bisa melihat bahwa mereka salah. Mereka cenderung berpikir bahwa mereka selalu benar dan jika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan, mereka selalu mengatakan itu kesalahan orang lain.

Orang di depan cermin
Jika kita dapat menerima kelemahan2 kita, kita bisa melakukan perubahan positif untuk memperbaikinya. Tahu adalah separuh dari pertempuran. Dan jika kita bisa mengakui hal2 yg kurang baik tentang diri kita, kita bisa mengubahnya atau memperbaikinya.

Toleransi
Jika kita bisa melihat kesalahan2 diri sendiri. Kita akanlbh mudah menerima kesalahan2 orang lain.

Kerendahan hati
Memahami bahwa kita sendiri tidak sempurna membuat kita bisa bersikap rendah hati. Selain itu, tahu bahwa kita selalu bisa menjadi lbh baik membuat kita bisa berterimakasih atas kebaikan-kebaikan yg kita terima.

Disukai
Tak ada orang yg suka dgn org yg serba tahu atau org yg menganggap dirinya selalu benar. Punya kemampuan untuk melihat sudut pandang orang lain, bersikap terbuka dan fleksibel dan mengakui. Kita bukan satu2nya orang yg tahu jawabannya, membuat kita menjadi orang yang lbh menarik.

Menilai diri sendiri

Jadi apakah Kita mengenal diri sendiri? Coba jawab pertanyaan2 berikut.
1. Apakah Anda mendengarkan orang lain selama percakapan? Atau apakah Anda cenderung bicara banyak?
2. Apakah Anda bertanya kepada orang lain bagaimana perasaannya tentang sesuatu situasi? Atau, apakah Nada membuat asumsi berdasarkan perasaan2 Anda sendiri?
3. Apakah Anda memikirkan bagaimana akibat tindakan Anda terhadap orang lain? Atau, apakah Anda percaya orang lain menerima cara Anda menangani suatu situasi?
4. Apakah Anda memahami petunujuk2 sosial orang lain? Atau, apakah Anda lebih banyak fokus pada diri sendiri?
5. Dapatkah Anda mengakui jika Anda salah, dan minta maaf atas kesalahan Anda? Atau apakah Anda cenderung berpikr, hal itu memang salah atau menjadi buruk karena orang lain?

Jika Anda menjawab ya untuk kebanyakan pertanyaan pertama dan masing2 pasangan, Anda mengenal diri sendiri.

Jika Anda menjawab ya untuk kebanyakan bagian kedua dari pasangan pertanyan di atas, Anda kemungkinan harus belajar memperhatikan reaksi orang lain dan memeriksa batin.

Mengenal diri sendiri memberi kemampuan kepada Anda untuk bersikap terbuka, memikirkan oranglain, dan menyadari akibat yang ada timbulkan pada orang lain. Mengenal diri sendiri termasuk salah satu sifat paling berharga yg harus dimiliki.

Sumber : Tabloid AURA No.10/TH.XIV.Minggu ke-4.Maret 2010.
ditulis juga di Group FB :  AKADI (Aku, Kamu & Dia) itu sebenarnya siapa ??? 
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...