Sunday, March 25, 2012

5 Nyeri Panggul yang Sering Diidap Wanita

Hampir sebagian besar wanita pernah mengalami nyeri panggul. Rasa nyeri ini sering dirasakan di bagian tubuh paling bawah, yaitu bawah perut dan diantara tulang pinggul.

Di dalam panggul, terdapat rahim, ovarium, tuba falopii, vagina, kandung kemih dan rektum. Wanita sering mengalami rasa sakit itu, yang jenis dan penyebabnya bervariasi. Berikut ini lima besar nyeri panggul yang sering diidap wanita, dilansir melalui madicmagic, Senin (12/3).



Kram
Setiap bulan, rahim membangun suatu lapisan, yang disebut endometrium, dimana embrio dapat tumbuh. Jika Anda tidak hamil, lapisan menjadi rusak dan meninggalkan tubuh sebagai periode menstruasi Anda. Akibatnya, sebelum dan selama menstruasi wanita kerap merasakan kram di bagian panggul, disertai dengan mual, dan diare. Penyebabnya adalah produksi hormon prostalgadin, yang menyebabkan kontraksi dan pengencangan otot rahim. Beberapa penelitian memang telah membuktikan perempuan yang sering mengalami dysmenorrhea kemungkinan karena memiliki kandungan prostalgadin yang tinggi. Hormon ini juga menyebabkan rasa sakit dan ketegangan ketika perempuan menjalani proses kelahiran.

Infeksi Panggul
Wanita sering mengalami keluhan nyeri berkepanjangan di daerah perut dan panggulnya. Nyeri tersebut merupakan gejala yang paling sering dikeluhkan pada wanita yang mengalami Infeksi Radang Panggul. Infeksi radang panggul adalah infeksi saluran reproduksi bagian atas.

Fibromyalgia
Fibromyalgia ditandai dengan rasa sakit di sekujur tubuh berkepanjangan, selalu gelisah dan tubuh sering merasa lelah. Banyak orang mengira sama dengan rematik, namun dokter membantahnya. Sampai saat ini para ahli mengetahui secara pasti tentang penyebab fibromyalgia. Namun beberapa peneliti menunjukkan, stres atau kondisi fisik yang buruk merupakan faktor dalam penyebab fibromyalgia. Gangguan ini sering dikaitkan dengan gejala nyeri vagina yang ekstrim dan sakit di kandung kemih.

Endometriosis
Diperkirakan 10 persen perempuan produktif di Indonesia menderita endometriosis. Endometriosis merupakan sebuah kondisi dimana lapisan endometrium tumbuh di luar rahim, seperti di indung telur, saluran teur, bahkan di usus atau kandung kemih. Akhirnya, terbentuklah jaringan yang membesar (seperti kista) yang berisi darah haid. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri panggul yang luar biasa selama masa haid atau berhubungan seks.

Irritable bowel syndrome
Irritable bowel syndrome (IBS) adalah salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang ditandai dengan perubahan kebiasaan BAB, sembelit, kram, kembung dan nyeri perut. Penyebab IBS masih belum jelas. Pada beberapa pasien IBS, kontraksi otot pada sistem pencernaan (dari usus ke dubur) menjadi tidak normal dari pada sebelumnya.

Sumber : health.ghiboo.com/5-nyeri-panggul-yang-sering-diidap-wanita

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...