Monday, March 5, 2012

Chestita Baba Mart (Hari Nenek Marta/Maret)

Setiap tanggal 1 Maret, masyarakat Bulgaria, orang tua, remaja, sampai dengan anak-anak bertukar aksesoris berupa gelang, bros, atau kalung, berwarna merah dan putih yang terbuat dari jalinan benang wol. Hari Baba Marta (Nenek Marta/Maret), adalah perayaan telah berakhirnya musim dingin dan musim semi telah tiba.

"Baba" (баба) adalah "nenek" dan Mart (март) adalah untuk bulan Maret. Baba Marta adalah tradisi Bulgaria terkait untuk menyambut musim semi mendatang. Bulan Maret, menurut cerita rakyat Bulgaria, menandai awal musim semi. Oleh karena itu, hari pertama bulan Maret adalah hari libur tradisional yang terkait dengan pengiriman dari musim dingin dan menyambut musim semi. [1]

Menurut cerita tradisional setempat, Baba Marta (баба Марта /Nenek Maret) berhubungan dengan seorang wanita tua yang pemarah perubahan suasana hati berubah sangat cepat.

Seorang Nenek yang berada di khayangan, membersihkan selimut musim dinginnya untuk kemudian dikeluarkan pada musim dingin berikutnya. Debu yang terbang dari selimut nenek Marta turun ke bumi berupa salju, salju terakhir bagi manusia di bumi dan pertanda bahwa musim semi segera tiba. [2]

Martenitsa (Bulgaria: мартеница, diucapkan [martɛnit͡sa]; jamak мартеници martenitsi) adalah bagian kecil berupa barang perhiasan (ornamen) yang terbuat dari benang putih dan merah dan dipakai dari tanggal 1 sampai sekitar akhir Maret (atau pertama kali seseorang melihat bangau, walet , atau pohon pemula).


Warna merah darah mewakili perempuan dan kesehatan atau simbol kehidupan dan gairah.

Sedangkan warna putih merupakan simbol dari lelaki melambangkan kekuatan dan matahari atau melambangkan kemurnian, merah.

Sehingga beberapa etnolog telah mengusulkan bahwa, dalam asal-usul nya, kebiasaan itu mungkin mengingatkan orang pada siklus konstan hidup dan mati, saldo yang baik dan jahat , dan tentang kesedihan dan kebahagiaan dalam kehidupan manusia atau 
Benang tenun merah dan putih ini melambangkan keinginan untuk kesehatan yang baik. Mereka adalah bentara kedatangan musim semi di Bulgaria dan hidup pada umumnya.

Aksesoris ini dikenakan sampai tanda dari musim semi muncul (cuaca yang menghangat, bunga-bunga merekah, kicauan burung kembali terdengar), setelah melihat tanda dari musim semi tersebut, ornamen yang ada digantung di atas ranting pohon atau dibawah batu besar perlambang menaruh harapan untuk kesehatan dan keberuntungan.
Pada hari pertama dari bulan Maret dan selama beberapa hari setelah itu, Bulgaria pertukaran dan memakai rumbai-rumbai putih dan merah atau boneka kecil yang disebut "Пижо и Пенда" (Pizho dan Penda).

Tradisi pagan kuno yang tetap hampir tidak berubah hari ini.

Kepercayaan umum adalah bahwa dengan mengenakan warna merah dan putih dari orang Martenitsa meminta Baba Marta minta ampun. Mereka berharap bahwa itu akan membuat musim dingin lebih cepat lulus dan membawa musim semi.
Banyak orang memakai lebih dari satu Martenitsa. Mereka menerima mereka sebagai hadiah dari saudara, teman dekat dan kolega. Martenitsa biasanya dipakai disematkan pada pakaian, dekat kerah, atau diikat di pergelangan tangan. Tradisi panggilan untuk mengenakan martenitsa sampai orang tersebut melihat bangau atau pohon mekar. Bangau dianggap sebagai pertanda musim semi dan sebagai bukti bahwa Baba Marta berada dalam suasana hati yang baik dan akan pensiun.


Ritual akhirnya melepas martenitsa mungkin berbeda di berbagai belahan Bulgaria. Beberapa orang akan mengikat martenitsa mereka pada cabang pohon buah, sehingga memberikan kesehatan pohon dan keberuntungan, yang orang yang memakai martenitsa telah menikmati dirinya saat memakainya. Lain akan menempatkan martenitsa bawah batu dengan ide bahwa jenis makhluk (biasanya serangga) paling dekat dengan token hari berikutnya akan menentukan kesehatan seseorang untuk sisa tahun. Jika makhluk itu adalah larva atau cacing, tahun mendatang akan sehat, dan penuh kesuksesan.
 

Keberuntungan yang sama dikaitkan dengan semut, perbedaan adalah bahwa orang tersebut akan harus bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. Jika makhluk dekat token adalah laba-laba, maka orang tersebut dalam kesulitan dan tidak dapat menikmati keberuntungan, kesehatan, atau sukses pribadi.

Para martenitsa juga merupakan simbol bergaya dari Ibu Alam. Selama early-spring/late-winter, alam tampaknya penuh harapan dan harapan. Putih melambangkan kemurnian salju mencair putih dan merah melambangkan terbenamnya matahari yang menjadi lebih dan lebih intens sebagai berlangsung musim semi. Kedua sumber daya alam adalah sumber kehidupan. Mereka juga terkait dengan awal pria dan wanita.


Memakai satu atau lebih martenitsi adalah tradisi Bulgaria sangat populer. Para martenitsa melambangkan hidup baru, konsepsi, kesuburan, dan musim semi. Waktu selama itu dikenakan dimaksudkan untuk menjadi liburan yang menyenangkan memperingati kesehatan dan umur panjang. Warna martenitsa diinterpretasikan sebagai simbol kemurnian dan kehidupan, serta kebutuhan untuk keharmonisan di Nature dan dalam kehidupan masyarakat.


Tradisi ini terkait dengan sejarah pagan kuno Semenanjung Balkan dan untuk semua kultus pertanian alam. Beberapa fitur tertentu dari ritual dan terutama mengikat benang wol pair putih dan merah, adalah hasil dari berabad-abad tradisi dan menyarankan Thracian (paleo-Balkan) Hellenic atau bahkan asal Romawi.


Magnolia mekar penuh martenitsi terikat
Martenitsi selalu diberikan sebagai hadiah. Orang tidak pernah membeli martenitsi sendiri. Mereka diberikan kepada orang yang dicintai, teman, dan
orang-orang kepada siapa orang merasa dekat. Mereka dikenakan pada pakaian, atau di sekitar pergelangan tangan atau leher, sampai pemakainya melihat bangau atau menelan kembali dari migrasi, atau pohon yang berbunga, dan kemudian menghapus Martenitsa dan hang pada pohon yang berbunga.


Sekarang ini perayaan Baba Marta menjadi salah satu kesempatan menghasilkan uang bagi para pedagang kaki lima di seluruh penjuru kota di Bulgaria. Berbagai jenis Martenitsa dapat ditemukan, baik itu berupa jalinan gelang sederhana dari kain wol berwarna merah dan putih sampai dengan hiasan dinding rumah berupa boneka yang berwarna merah dan putih dengan harga yang berkisar antara Rp.3000,- sampai Rp. 10.000.

Merayakan Baba Marta bagi orang Bulgaria setelah menjalani 4 bulan musim dingin yang cukup ekstrim adalah suatu hal yang menggembirakan, membawa harapan baru seiring dengan bersinarnya matahari. Semoga Baba Marta memberikan kesehatan dan kemakmuran bagi kita semua.

Referensi :
[1] www.freedirectorybg.net/
[2] blog.kemlu.go.id/
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...