Monday, February 13, 2012

Ternyata Ada Gen Pengontrol Lamanya Waktu Tidur

Mau tidur selarut malam apapun, ternyata tetap saja selalu terbangun di pagi hari meskipun alarm tak berbunyi. Banyak orang yang beranggapan hal tersebut merupakan kebiasaan yang tak pernah disadari.

Namun, sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa hal tersebut bukanlah sebuah kebiasaan. Ternyata di dalam tubuh, terdapat gen yang memendekkan waktu tidur Anda.

Para ilmuwan Jerman menemukan gen yang mungkin dapat menjelaskan mengapa sebagian orang meskipun tidur hanya beberapa jam di kala malam hari, namun tetap bisa bangun pagi seperti biasa.

Tim peneliti dari Ludwig Maximilians University of Munich mengidentifikasi sebuah gen, yang dikenal dengan nama ABCC9, yang dapat memendekkan lamanya waktu tidur Anda.

Penelitian dilakukan terhadap 4.000 orang dari tujuh negara Uni Eropa dengan mengisi kuisioner yang menilai kebiasaan tidur mereka. Kemudian, peneliti menganalisis jawaban serta melihat gen partisipan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki dua salinan dari satu varian umum ABCC9, secara signifikan dapat tidur dalam waktu yang lebih pendek dibandingkan orang dengan dua salinan dari versi lain.

Gen ABCC9 juga ditemui dalam lalat buah. Peneliti mengatakan bahwa mereka bisa memodifikasi gen ABCC9 ke dalam tubuh hewan dan memendekkan waktu tidur.

"Gen ABCC9 adalah evolusi kuno, dan gen serupa ditemui dalam lalat buah. Lalat buah juga menunjukkan perilaku seperti tidur. Ketika kita memblokir fungsi dari homolog ABCC9 dalam sistem saraf lalat, durasi tidur malam itu dapat dipersingkat," ungkap Dr Karla Allebrandt dari Ludwig Maximilians University of Munich.

Sumber : health.ghiboo.com/wah-ternyata-ada-gen-pengontrol-lamanya-waktu-tidur
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...