Friday, February 10, 2012

Beberapa Hal Tentang Facebook


Dibuat oleh Mark Zuckerberg dkk di asrama kampusnya beberapa tahun yang lalu. Awalnya Facebook dibuat hanya untuk lingkungan kampusnya saja. Lambat laun banyak dari kampus lain yang berminat untuk bergabung dan sejak tahun 2004 dirilis untuk umum dan Facebook pun mendunia. Pada tanggal 6 Februari kemarin merupakan ulang tahun Facebook yang kedelapan.

Jumlah Pengguna

Facebook mengatakan; Saat ini pengguna yang aktif sekitar 845 juta. Dimana lebih dari setengahnya merupakan user yang aktif menggunakan Facebook, 2 miliar lebih 'like' dan komentar.

Menurut data statistik terbaru dari Socialbakers, pengguna FB kedua terbesar di dunia adalah India dengan jumlah 43,49 juta. Sedangkan peringkat Indonesia kini bergeser ke peringkat ketiga dengan jumlah pengguna Facebook 43,06 juta, hanya selisih empat ratus ribuan user saja dari India. Di puncak teratas, masih diduduki oleh Amerika Serikat dengan total pengguna Facebook mencapai 155,7 juta.

Setelah Amerika Serikat, India dan Indonesia, negara lain yang masuk dalam daftar 10 negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak adalah: Brasil (37,9 juta), Meksiko (32,03 juta), Turki (31,24 juta), Inggris (30,24 juta), Filipina (27,59 juta), Perancis (23,59 juta) dan Jerman (22,60 juta).

Jika diperhatikan, jumlah kenaikan pengguna Facebook di India sangat signifikan. Pada bulan Juni 2010 saja, jumlah pengguna Facebook di India baru mencapai 18 juta. Setahun kemudian, pada bulan Juni 2011, jumlah pengguna India naik drastis menjadi 34 juta. Rata-rata, jumlah pengguna Facebook di India bertambah 50 ribu user setiap harinya dalam tujuh bulan terakhir.

Sama seperti di Indonesia, dilihat dari sisi usia, mayoritas pengguna Facebook di India saat ini didominasi oleh anak muda berusia 18 – 24 tahun, dengan prosentase 49 persen, disusul usia 25 – 34 tahun sebanyak 27 persen.

Facebook sendiri saat ini telah membuka pusat layanan (support center) di Hyderabad, India. Ini adalah kantor pertama Facebook di Asia.


Pengguna FB Tidak Kenal kata Bosan


Sebuah penelitian yang dirilis  belum lama ini menunjukkan ternyata orang yang menggunakan laman jejaring sosial Facebook dalam waktu lama atau sejak Facebook didirikan pada 2004 tidak pernah menunjukkan tanda bosan untuk mengunggah gambar, memperbarui rencana akhir pekan atau mengutarakan pikiran.

Pew Research Center melaporkan, berdasarkan survei telepon AS dan data dari November 2010,  popularitas Facebook akan awet, hal ini seiring langkah perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu menawarkan saham kepada publik atau IPO sebesar 5 miliar dolar.


Faktor lain membuktikan "Semakin banyak teman-teman di Facebook, maka semakin banyak aktivitas yang mereka lakukan seperti berteman, mengklik ikon "suka", pesan pribadi, komentar, posting, tag foto, bergabung dengan kelompok," kata Pew berdasarkan penelitian proyek Internet & American Life.

Rata-rata pengguna Facebook bisa menjangkau 156.569 pengguna lain melalui jaringan antar pertemanan.


Foto yang Dihapus di Facebook Tidak Hilang Selama 3 Tahun
Ini merupakan info yang cukup mengusik ketenangan tentang privasi kita. 3 tahun merupakan waktu yang sangat lama untuk ukuran privasi. Sejatinya 60 hari atau lebih, data yang dihapus oleh user semestinya sudah hilang dari dunia maya. Namun Ars Technica membuktikan bahwa mereka bisa mengakses foto yang penggunanya mengklaim telah menghapus foto tersebut dengan cara mengakses link yang dimiliki oleh gambar tersebut.

Timeline Banyak Dibenci oleh Penggunanya


Sejak diluncurkan akhir tahun 2011, timeline mendapat cemoohan dari para penggunanya. Masalah loading site dan privasi kebanyakan menjadi masalah utama dari kebanyakan pengguna yang mengeluh. Sempat diisukan bahwa timeline akan menjadi tampilan wajib setelah tanggal 15 Januari, sampai sekarang pernyataan itu belum terbukti.


Referensi :

- metrotvnews.com/2012/02/02/India-Salip-Jumlah-Pengguna-Facebook-Indonesia
- http://www.antaranews.com/berita/296734/pengguna-facebook-tak-kenal-kata-bosan
- http://serbatiga.blogspot.com/2012/02/3-info-menarik-tentang-facebook.html



Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...