Friday, January 20, 2012

Wikipedia Non Aktif Sesuai Janjinya


Tampilan Wikipedia selama aksi mogok
Laman ensiklopedia daring (online), Wikipedia, menepati janjinya untuk nonaktif selama 24 jam sebagai bentuk protes terhadap Rancangan Undang-Undang Anti Pembajakan Online (SOPA) dan RUU Perlindungan Properti Intelektual (PIPA) yang dibahas Kongres AS.

Wikipedia versi Bahasa Inggris ini tidak dapat diakses selama 24 jam pada hari Rabu, 18 Januari 2012 sejak pukul 00.00 Eastern Time.


Dalam aksi mogoknya, tampak di layar komputer ada sebuah halaman bergradasi abu-abu dengan logo Wikipedia besar berwarna hitam di sisi kiri layar dan di sebelah kanan layar terdapat sebuah pesan dari pendiri situs. Bunyi pesannya sebagai berikut:

'Bayangkan Sebuah Dunia Tanpa Pengetahuan Bebas

Selama lebih dari satu dekade, kami menghabiskan jutaan jam menyusun ensiklopedi terbesar dalam sejarah manusia. Saat ini, Kongres AS sedang menyusun sebuah peraturan yang dapat mengacaukan Internet yang bebas dan terbuka dengan fatal. Selama 24 jam, untuk meningkatkan kesadaran, kami mematikan Wikipedia.' [1]

Di akhir pesan terdapat sebuah tautan yang bisa diklik pengakses untuk mengetahui lebih jelas tentang SOPA dan PIPA yang tengah ramai diperbincangkan. Dalam laman yang muncul jika tautan diklik, disebutkan pula alasan mengapa SOPA dan PIPA dianggap membahayakan masa depan kebebasan berekspresi di dunia maya.

Seperti dikutip dari laman Reuters, pendiri Wikipedia Jimmy Wales mengatakan UU itu sebagai ancaman terhadap masa depan internet. [2]

Menurut stasiun berita BBC, Wikipedia bukan satu-satunya yang memprotes SOPA. Perusahaan teknologi lain seperti Google, Yahoo, Facebook, Twitter, dan eBay juga melakukan protes dengan memasang iklan di sejumlah koran ternama, meminta Kongres berpikir ulang sebelum menggodok SOPA.

Dalam SOPA, akan diatur pelarangan dan penutupan penjualan hasil pembajakan, baik itu film, musik, dan benda lain. Caranya, sejumlah perusahaan internet akan dipaksa untuk menutup akses ke situs yang dianggap melanggar hukum tersebut.

Tak hanya itu, jaringan iklan internet juga akan dipaksa untuk menghentikan online advertising. Lalu, mesin pencari akan diatur agar tak memiliki tautan ke situs yang dianggap mendistribusikan hasil pembajakan.


Google berulang kali menyebut aturan ini terlalu jauh mengatur dan bisa merusak investasi mereka. Sedangkan bagi Wikipedia, Jimmy Wales menilai akan mempersulit ketebukaan pertukaran informasi di internet. "Saya pikir pemegang copyright memang memiliki isu legitimasi, tapi ada banyak cara lain untuk mengatasi isu ini yang tidak melibatkan sensor," ucap Wales.

Para pendukung aturan ini, yang terdiri dari label rekaman dan studio film Hollywood, menganggap aturan ini tidak akan berdampak besar terhadap sejumlah situs berbasis di AS. Namun bagi para penentang, SOPA dan PIPA adalah ancaman mengerikan bagi keterbukaan pertukaran informasi di Internet.



Referensi :

[1] http://teknologi.vivanews.com/news/read/281023-laman-wikipedia-mogok-operasi
[2] http://teknologi.vivanews.com/news/read/280703-tolak-ruu-pembajakan--wikipedia-ancam-tutup


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...