Friday, January 20, 2012

Protes Berbagai Web Terhadap UU SOPA & PIPA


Setelah Wikipedia protes dengan mematikan aksesnya, situs mesin pencari Google mengikuti jejaknya untuk memprotes RUU SOPA dan PIPA. Namun apa yang dilakukan Google hanya mematikan logo Google di laman Amerika Serikat saja, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis 19 Januari 2011. Upaya ini sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap gerakan Wikipedia. Google juga mencantumkan pesan untuk pembuat kebijakan di AS agar tidak menyensor internet.

Langkah serupa juga dilakukan laman berita Reddit dan komunitas blog Boing-boing, WordPress, The Huffington Post, Electronic Frontier Foundation (EFF), Dinosaur Comics, Craiglist, Consumer Electronics Association (CEA), serta sejumlah situs seperti  Firefox, dan Metafilter yang mematikan sebagian atau seluruh layanan mereka dengan mengganti halaman depan dengan layar hitam yang menyerukan kepedulian terhadap SOPA/PIPA.





Menurut harian The Epoch Times, mereka yang menggelar aksi protes ini hanya lewat halaman depan yang telah dimodifikasi dengan aksesori bertema sensor atau pemblokiran. Situs sendiri tetap berjalan seperti biasa.

Gerakan Wikipedia ini telah digaungkan 7.000 situs di dunia maya. Diperkirakan 100 juta pengguna terkena dampak gerakan protes ini.

Situs jejaring sosial Reddit mematikan layanan selama 12 jam. Diskusi di laman ini membahas gelombang protes menentang kedua rancangan UU itu.

Situs blog, Wordpress.org, mengganti halaman mukanya dengan tulisan yang menyerukan untuk menentang RUU itu.

The ModernMethod Network--terdiri dari situs Destructoid, Flixist, Tomopop, dan Japanator-- ikut memrotes dengan mencantumkan pesan dan gambar wajah pengguna internet yang tidak senang.

Twitpic menampilkan pita hitam di logonya, dengan tulisan: 'Stop sensor.'


Langkah yang agak berbeda diambil Facebook, Twitter, Tumblr. Walaupun tidak menyetujui SOPA/PIPA, tiga situs ini tak ikut aksi protes. Mereka tak melakukan perubahan apapun pada antarmuka dan tetap beroperasi seperti biasa.

Twitter  tidak ikut bergabung, CEO situs jejaring sosial ini mengatakan menerapkan politik satu negara ke layanan di seluruh dunia adalah 'bodoh.'


Referensi :

http://teknologi.vivanews.com/google-ikuti-wikipedia-protes-ruu-pembajakan
http://dunia.vivanews.com/ikuti-wikipedia--sejumlah-laman-juga-mogok

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...