Wednesday, July 20, 2011

Kabupaten Tasikmalaya dari Masa ke Masa

Kabupaten Tasikmalaya jika dihitung ke tahun sekarang yaitu tahun 2011 akan berusia 900 tahun. Dalam perjalanan sejarahnya (pusat pemerintahan) sering mengalami perpindahan. Perpindahan Pusat Pemerintahan ke Singaparna pada tanggal 7 Agustus 2010 tahun kemarin sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2004 Tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Tasikmalaya Dari Wilayah Kota Tasikmalaya Ke Singaparna di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya.


Sejarah Kabupaten Tasikmalaya sendiri dimulai pada abad ke-7 dimana terdapat suatu bentuk Pemerintahan Kebataraan dengan pusat pemerintahannya di sekitar Galunggung. Berdasarkan Prasasti geger Hanjuang yang ditemukan di Bukit Geger Hanjuang desa Linggawangi Kecamatan Leuwisari menyatakan bahwa pada tanggal 13 Bhadrapada 1033 saka atau bertepatan dengan tanggal 21 Agustus 1111 kebataraan Galunggung berubah menjadi kerajaan Galunggung, dengan penguasa pertamanya Batari Hyang. Tanggal ini diyakini sebagai hari jadi Tasikmalaya.

Periode selanjutnya adalah periode pemerintahan di Sukakerta dengan Ibukota Dayeuh Tengah (saat ini termasuk Kecamatan Salopa). Dari sini Pemerintahan berpindah kembali ke sukapura yaitu di daerah Leuwiloa kecamatan Sukaraja. Selanjutnya Kerajaan ini disebut Sukapura.

Pada masa pemerintahan RT. Suryalaga (1813-1814) Ibukota Sukapura pindah ke Tasikmalaya. Selanjutnya pada masa Pemerintahan Wiradadaha VIII ibukota kembali dipindahkan ke Manonjaya, kemudian pada tanggal 1 Oktober 1901 Ibukota Sukapura dipindahkan kembali ke Tasikmalaya.

Selanjutnya pada tahun 2001 Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dimekarkan menjadi 2 pemerintahan, yaitu Kabupaten dan Kota Tasikmalaya Berdasarkan Undang Undang Nomor 10 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2004 Tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Tasikmalaya Dari Wilayah Kota Tasikmalaya Ke Singaparna di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya, namun demikian, Pusat Pemerintahan untuk sementara masih belum pindah ke Singaparna.

Mulai tanggal 9 Agustus 2010, Pusat Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya yang baru yaitu di wilayah Singaparna.

_ _ _ _

Sumber didapat dari berbagi sumber yang valid..

Semoga Sejarah ini wlo singkat bisa bermanfaat buat kita semua.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...