Friday, July 1, 2011

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional

Hari Bebas Kantong Plastik InternasionalInternational Plastic Bag – Free Day merupakan aksi kampanye publik untuk mengurangi penggunaan sekali pakai dan ketergantungan terhadap kantong plastik atau kresek. Hari bebas kantong plastik internasional tahun ini dilaksanakan tanggal 3 Juli 2011. Pada tahun 2009 hari bebas kantong plastik sedunia ditetapkan tanggal 12 september 2009.

Kantong plastik terbuat dari turunan minyak bumi. Dan saat ini plastik merupakan salah satu penyubang sampah terbesar di dunia. Jika kita menghambur-hamburkan kantong plastik, sama saja kita telah menghambur-hamburkan sumber daya alam kita sendiri, kekayaan anak cucu kita.

Dengan meningkatnya kesadaran warga akan dampak negatif darisampah plastik, dapat mengurangi menumpuknya sampah plastik tersebut. Kesadaran yang kuat tentu mereka akan berbelanja dengan lebih bijak, yaitu membawa tas sendiri dari rumah saat berbelanja, tidak menerima pemberian kantong plastik, tidak memakai plastik hanya sekali pakai, dll.

Pemerintah juga hendaknya memperketat peraturan tentang pembatasan peredaran kantong plastik di tanah air. Sampah plastik yang terbuang ke laut akan mengganggu ekosistem laut. Ikan-ikan dan terumbu karang tentu mengalami imbas langsungnya.

Di luar negeri peraturan tentang pelarangan penggunaan sampah plastik ini sudah dilakukan oleh banyak negara. Salah satunya yaitu Pemerintah China. Di tanah air sendiri hanya Bali yang sudah menerapkan bebas kantong plastik di beberapa ritel. Hal ini juga tidak lepas dari peran para turis / wisatawan yang datang memberikan masukan-masukan tentang dampak negatif dari kantong kresek ini.

Kantong plastik tentu juga sangat berpengaruh pada keindahan pantainya. Jika pantainya penuh dengan kantong plastik, bisa mengurangi daya tariknya bukan?

Cara yang langsung bisa diaplikasikan untuk mengurangi sampah kantong plastik yaitu dengan penggunaan reusable bag (tas daur ulang), tas kain atau tas yang ramah lingkungan lainnya saat berbelanja. Cara lain yaitu jangan memakai kantong plastik hanya sekali pakai. BELI – PAKAI – BUANG. Jika semua orang seperti ini, cepat sekali menumpuknya.

Plastik sendiri zatnya juga tidak mudah di daur ulang oleh tanah, jadi semakin lama tanah tidak akan semakin subur namun malah sebaliknya.

Mari kita pergunakan kantong plastik dengan bijak. Jangan seenak gue buang-buang sampah sembarangan, sekali pakai (eh suka-suka gue dong Sep…. :) Iya tapi coba pikir, dari hal kecil ini kita udah membantu bumi kita dari penumpukan sampah yang gak bisa diolah. Ujung-ujungnya kalau ada musibah dari sampah, kita saling lempar tanggung jawab.



Referensi : http://danisetiyawan.com/hari-bebas-kantong-plastik-internasional/
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...