Wednesday, November 28, 2012

Inilah Kecanggihan Roket Gaza Palestina



Serangan roket dari Gaza ke wilayah Israel mengundang perhatian dunia. Hingga kini belum dapat diketahui secara pasti jangkauan roket yang dimiliki para pejuang Palestina.

Sejak Rabu 14 November lalu, serangan berbalasan antara Palestina dan Israel terus terjadi. Para pejuang Palestina telah berhasil meningkatkan kualitas dan kuantitas roket-roket yang mereka gunakan menyerang Israel, setidaknya dalam konflik di Jalur Gaza dalam sepekan terakhir.

The Washington Post pada Sabtu 17 November membuat perkiraan jarak dari roket-roket yang dimiliki oleh Palestina. Jarak terjauh dihasilkan oleh roket Fajr-5 yang ternyata mampu menyentuh wilayah Tel Aviv dan Yerusalem. Hal ini amat tidak diduga oleh Israel.

 
Terlihat : Misil yang diwarna merahkan adalah yang terdeteksi Israel, selebihnya Lolos.

Kualitas roket yang ditembakkan pejuang Palestina dapat dilihat kemampuan menjatuhkan dua pesawat mata-mata tanpa awak, jet tempur canggih jenis F-16 dan helikopter tempur Apache milik Israel dalam sepekan terakhir. Roket-roket tersebut mereka namai GRAD, M-75, M-107, Cornait dan Fajar 5 berjarak tempuh 80 km yang digunakan menyerang Tel Aviv.

Ketika roket-roket kecil Palestina hanya mampu menyentuh wilayah luar Israel, roket Fajr-5 yang buatan Iran ternyata mampu membuat ancaman berarti bagi Israel. Intelijel Israel tidak mengetahui bagaimana roket jarak jauh itu bisa masuk dari Iran ke Palestina.

Jarak jangkauan yang sudah bisa mencapai Tel Aviv, ibu kota Israel, membuat sirine bahaya di kota tersebut menyala setelah 20 tahun tidak pernah menyala karena serangan dari Gaza. Juga bisa digunakan untuk menyerang kapal-kapal AL Israel di Laut Gaza.

 
Jarak Jangkau Roket/Misil Gaza yang di miliki HAMAS saat ini.

Para Pejuang Palestina saat ini juga bertambah mahir dalam menyembunyikan roket-roket yang siap tembak tersebut. Mereka menyimpan roket dengan penuh seksama untuk bisa ditembakkan langsung ke pihak musuh tanpa bisa dilacak oleh radar Israel.

Dengan kemajuan besar ini, Israel mengalami kesulitan dalam melacak posisi penempatan roket-roket tersebut sehingga kerap menembaki lahan-lahan kosong yang mereka perkirakan sebagai lokasi penyimpanan roket.

Sayap militer Hamas, Brigade Izzuddin Al-Qassam telah menyatakan mereka menembakkan lebih 1100 roket berbagai jenis ke berbagai sasaran di Israel. Para pejuang Palestina, Hamas menjanjikan akan terus memberikan kejutan-kejutan lainnya untuk negara Yahudi itu jika mereka terus menyerang jalur Gaza. Kita lihat saja!

*sumber:OKZ/ROL/WSP

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...