Wednesday, April 25, 2012

Makan Es Krim Bisa Pusing Mendadak

Pernahkah Anda mendadak terserang sakit kepala saat menyantap es krim? Fenomena ini biasa dikenal dengan istilah brain freeze (pembekuan otak). Penelitian menunjukkan bahwa hal ini terjadi disebabkan oleh adanya perubahan suhu dalam aliran darah di otak secara mendadak.

Para peneliti Harvard Medical School di Amerika mulai menyelidiki mengapa es krim atau minuman dingin bisa menyebabkan sakit kepala secara tiba-tiba. Peneliti merekrut 13 sukarelawan sehat, untuk mengetahui aliran darah ke otak saat orang meminum air es.


Air dingin diminum melalui sedotan yang ditempelkan di langit-langit mulut. Para peneliti lantas meminta para relawan memberikan isyarat saat rasa sakit mulai terasa dan kapan berakhirnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa sakit dipicu oleh peningkatan aliran darah melalui sebuah pembuluh darah utama di otak, yang disebut serebral anterior, yang membanjiri otak dengan darah. Rasa sakit akan mereda setelah aliran darah dibatasi.

"Otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh dan akan bekerja terus sepanjang waktu. Otak cukup sensitif terhadap suhu, sehingga vasolidation (pelebaran pembuluh darah) memindahkan darah yang hangat di dalam jaringan untuk memastikan otak tetap hangat," Jorge Serrador dari Harvard Medical School, dilansir melalui The Telegraph, Senin (23/4).

Serrador menjelaskan bahwa aliran darah bisa menjadi mekanisme penahanan diri, yang dirancang untuk menjaga otak tetap hangat dan bekerja. Namun, meningkatnya tekanan darah secara tiba-tiba bisa menyebabkan rasa sakit. Penyempitan arteri menjadi cara mengurangi rasa sakit di otak sebelum mencapai tahapan berbahaya.

Perubahan aliran darah otak sama dengan yang terlihat pada pembekuan otak, yang dikaitkan dengan migrain dan jenis sakit kepala lainnya. Serrador menambahkan bahwa fenomena pembekuan otak ini akan membantu mencari pengobatan lebih baik untuk meredakan sakit kepala. [1]

Ice cream Headache (Sakit Kepala karena dingin)[2]

Definisi

Sakit kepala es krim terjadi secara singkat, menyerang kepala saat anda makan atau minum sesuatu yang dingin. Ice pops, minuman cair yang beku, es krim dan makanan dan minuman lain yang memberikan efek “brain freeze”

Gejala

Gejala sakit kepala es krim adalah:
•    Tajam, rasa sakit yang menikam di kepala bagian depan
•    Puncak dari rasa sakit terjadi sekitar 30-60 detik setelah mulainya
•    Rasa sakitnya jarang sekali yang lebih lama dari 5 menit


Penyebab & Faktor Resiko


Penyebab


Sakit kepala es krim disebabkan material dingin yang berpindah dari atap mulut dan belakang tenggorokan, yang terjadi ketika anda memakan dengan es krim dengan cepat atau meneguk minuman dingin. Ilmuwan tetap tidak yakin mengenai mekanisme pasti yang menyebabkan rasa sakit.

Satu teori menunjukkan bahwa makanan atau minuman yang dingin pada saat ditelan mengubah aliran darah di otak untuk sementara waktu. Beberapa ilmuan mencurigai bahwa rasa sakit disebabkan dari mulut ke kepala melalui syaraf trigeminal, yang mengantarkan sensor informasi dari kepala dan mulut ke kepala.



Faktor Resiko
       
Sakit kepala es krim dapat berefek pada setiap orang. Tapi mungkin lebih rentan terjadi jika anda memiliki kecenderungan migrain. Sakit kepala es krim juga lebih umum terjadi pada orang-orang yang memiliki sakit kepala.

Pencegahan

Untuk membantu mencegah sakit kepala es krim, makan makanan dan minuman dingin secara pelan. Jalan satu-satunya untuk menghindari terkena sakit kepala es krim adalah hindari makanan atau minuman dingin yang menyebabkan sakit kepala es krim. 


Referensi
[1]. http://health.ghiboo.com/kenapa-es-krim-bikin-pusing-mendadak
[2]. http://1propolis.blogspot.com/2010/09/ice-cream-headachesakit-kepala-karena.html
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...