Saturday, November 20, 2010

Gunakan Tabir Surya Sebelum Menyalakan Laptop


Bukan hanya di ruangan terbuka, penggunaan tabir surya atau sunblock juga diperlukan saat berada di ruangan tertutup. Terutama bagi mereka yang banyak beraktivitas di depan layar komputer.

Selain paparan sinar matahari, radiasi komputer juga memicu gangguan kulit. “Berada di depan komputer selama enam bulan atau setahun berturut-turut bisa menimbulkan noda hitam lebih cepat,” kata Ahli Dermatologi dari Klinik Ultimo, Stanley Setiawan, Rabu 10 Maret 2010.

Ia menyarankan pemakaian tabir surya setiap lima jam sekali bagi mereka yang banyak beraktivitas di depan komputer. Sedangkan mereka yang beraktivitas di luar ruang pada pukul 10.00-16.00 sangat dianjurkan untuk mengoleskan tabir surya setiap tiga jam sekali. Pilih tabir surya SPF 30.

Selain melindungi kulit, pemakaian tabir surya juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit. "Mengajarkan anak-anak menggunakan sunblock mulai dari usia lima tahun sangat bagus," katanya.

Di balik manfaatnya bagi kesehatan manusia, pancaran sinar matahari atau ultraviolet (UV) bisa membahayakan kulit. Tak hanya membuat kulit legam, paparan sinar UVA dan UVB juga memicu penuaan dini. Bahkan, pada kondisi tertentu bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada kulit.

Sumber : VIVAnews
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...