Saturday, February 6, 2010

Cara Memasang Widget Like dan Share ( AddThis ) di Blog

Setelah barusan memposting Cara Membuat Relatied Post (Artikel Terkait) Bergambar Pada Blog  kali ini saya akan membahas Cara Memasang Widget Like dan Share ( AddThis ) di Blog. Jadi jika kalian belum tahu kegunaan tombol share tersebut maka saya akan sedikit menjelaskan kegunaannya.

Dengan memasang widget Like dan Share diblog sama halnya kamu itu  mempromosikan  postingan atau blog kamu kepada orang-orang melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, myspace, plurk, dan lain-lain. Yang mana fungsinya adalah menautkan balik link yang tersebar disitus jejaring sosial ke dalam blog kamu. dan para pengunjungpun akan merasa lebih mudah untuk membagi berbagai informasi yang menarik di blog kamu kepada orang lain tanpa harus mengetik maupun copas alamat/URL artikel yang ada di blog kamu dan mereka cukup mengklik tombol Share maka akan muncul berbagai situs bookmark maupun social network, dengan begitu pengunjung yang memiliki akun di situs-situs tersebut akan menjadi lebih mudah membagikan postingan kamu lewat akun-akunnya.
Contoh bisa dilihat di bawah posting blog saya ini terdapat tombol Like dan Share yang disediakan oleh  web addthis.com. Untuk mempersingkat postingan ini, ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

A. Buka situs AddThis.com
Setelah berada di situs AddThis.com maka langsung akan ada beberapa pilihan, saya akan langsung menjelaskannya:
Pertama klik Get AddThis ada di  Tab atas setelah itu ada 3 (tiga) pilihan

1. Where do you want to put your button?

Pilihan ini menentukan kalian memakai jasa Website, Blogger, WordPress, MySpace, dan sebagainya. sebagai contoh saya memakai Blogger maka saya mengklik Icon Blogger yang tersedia.
 2. Select your style:

Pilihan ini untuk menentukan tombol yang mana yang nantinya akan kamu gunakan sebagai tombol share diblogmu, dan di Web tersebut ada dua pilihan bagian yaitu Toolbox dan Sharecount. 
Contoh : Blog saya memilih tombol yang dibagian Sharecount karena ada Like dan Share meskipun pada umumnya banyak memakai bagian Toolbox yang tidak ada tanda Like nya.
 3. Do you want analytics?

Pilihan ini ada dua pilihan seperti gambar di bawah ini.
 Untuk memudahkannya tinggal klik seperti gambar di atas setelah itu klik Get The Code
dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini :


B. Lakukanlah Registrasi 

bagi yang sudah Registrasi tinggal klik Log In (seperti biasa) kalau kita masuk ke accout-account yang lain, dan setelah itu maka akan menemui gambar seperti ini

Setelah itu, Blok yang di dalam Grab the code terus klik Copy Code dan lakukan langkah dibawah ini:

- Masuk ke akun Blogger Kamu
- Pilih Design/Tata Letakk, dan klik Edit HTML, jangan lupa centang Ekpand Template Widget.

Cari kode dibawah ini: ( kode dibawah ini adalah untuk meletakan tombol diatas posting, kalian juga bisa meletakan tombol tersebut sesuai keinginan kalian dengan cara menempatkannya seperti di outer-wrapper, siderbar, dll. )

Keterangan lebih lanjut ada di halaman tersebut tinggal praktekan saja step by stepnya...

Semoga postingan ini bermanfaat....
oia, sebelum copy paste code tadi jangan lupa Save Template sudah begitu coba View Blog dan lihat hasilnya...

Wduuuuuuhhh, hebat euy sekarang Blogmu...  suit-suittttt
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...