Tuesday, October 2, 2012

Ingin Sehat? Ubah Posisi Tidur Anda


Selain membuat tidur lebih nyaman, posisi tidur yang benar ternyata mempengaruhi kesehatan seseorang. Benarkah?

Profesor Chris Idzikowski, direktur Sleep Assessment and Advisory Service menganalisis enam posisi tidur yang paling umum dalam survei yang dilakukannya terhadap 1.000 orang.

Dilansir melalui Mns (2/10), berikut ini beberapa posisi tidur yang dapat memberikan kebaikan bahkan keburukan bagi kesehatan.



Freefall.
Freefall atau tidur telungkup ini dipercaya baik untuk pencernaan.

Fetus.
Posisi tidur ini menjadi posisi tidur yang paling umum dilakukan banyak orang. Namun, tidur meringkuk atau fetus pada sisi kiri dapat menyebabkan tekanan pada organ vital Anda, seperti liver, lambung dan paru-paru. Jika masih ingin tidur meringkuk, coba meringkuk pada sisi kanan tubuh Anda.

Log. 
Posisi tidur ini digambarkan dengan berbaring menghadap samping di satu sisi tubuh dengan lengan dan kaki berada disamping tubuh. Tidur dengan posisi ini membuat tulang belakang Anda lurus, sehingga amat membantu mereka yang menderita sakit punggung.

Yarner.  
Hampir mirip dengan posisi tidur log, tapi dengan lengan dan kaki yang terjulur keluar. Beristirahat dengan posisi ini dapat membantu meringankan beberapa masalah yang terkait dengan penyakit acid reflux (penyakit saluran cerna bagian atas) dan sleep apnea ( gangguan tidur dengan kesulitan bernapas).

Soldier. 
Solider digambarkan dengan berbaring telentang dimana kedua lengan di sisi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tidur telentang dapat menyebabkan mendengkur, kesulitan bernapas dan susah tidur di malam hari.

Starfish. 
Mirip dengan posisi tidur soldier, namun kedua lengan mengarah ke atas. Posisi ini juga tidak dianjurkan, karena juga memicu mendengkur dan berisiko memiliki masalah pernapasan saat terlelap. Pada akhirnya, justru mengganggu istirahat malam Anda.

Sumber : health.ghiboo.com/ingin-sehat-ubah-posisi-tidur-anda

1 comment:

  1. info kesehatan yang unik nih, thanks fo share ya.. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...