Saturday, September 22, 2012

8 Penyakit Mengincar Anak Muda


Jangan terlalu mengira usia Anda yang masih muda menandakan Anda sehat. Terkadang, fisik yang sehat justru mengelabui kesehatan secara keseluruhan.

Akibat pergaulan, para anak muda justru berisiko mengalami gangguan kesehatan. Bahkan, beberapa penyakit yang umumnya menyerang orang tua, justru kini telah banyak diidap anak-anak muda.


Berikut ini beberapa penyakit mengincar nyawa Anda, bila Anda masih cuek terhadap kesehatan diri sendiri.

1. Diabetes tipe 2
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa terjadi peningkatan drastis pada orang-orang yang mengidap diabetes tipe 2. Kini, pengidap diabetes sudah banyak dialami anak-anak.

Para ahli percaya, makanan dan gaya hidup tidak sehat memicu peningkatan risiko diabetes tipe 2 dikalangan anak muda. Obesitas juga menaikkan risiko penyakit ini. Selain itu, diabetes merupakan penyakit turunan. Untuk menghindarinya, cukup jalani hidup sehat.

2. Kanker kulit (melanoma)
Salah satu jenis kanker mematikan ini, kini banyak dijumpai pada usia remaja atau pada awal usia 20 tahun. Penelitian dari peneliti Mayo Clinic menunjukkan tingkat melanoma pada wanita naik delapan kali lipat dan empat kali lipat pada pria.

Pasalnya, paparan sinar mataharilah yang menyebabkan terjadinya melanoma. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat harus beraktivitas di luar rumah. Selain itu, penggunaan program tanning indoor meningkatkan risiko hingga 74 persen.


3. Stroke
Stroke sering kali dianggap sebagai penyakit orang tua. Padahal kini, anak muda sudah banyak menderita stroke.

Kesemua faktor risiko ini tidak lepas dari gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi narkoba, malas berolahraga, makanan junk food dan sifat tempramen. Untuk meminimalisir risikonya, coba ubah pola hidup, hindari makanan berlemak, perbanyak makan sayur dan buah, serta rutin berolahraga.

4. Kanker payudara
Kanker payudara memang menjadi momok para wanita. Kini, usia penderita kanker payudara kian bergeser ke usia perempuan muda atau remaja.

Faktor genetik, gaya hidup tak sehat, merokok, obesitas dan telat menikah menjadi pemicunya. Usahakan rutin berolahraga, menjaga berat badan dan membatasi gaya hidup tak sehat, bisa menjadi cara untuk membantu mengurangi risiko [1]

5. Asam urat
Asam urat biasanya menyerang orang tua, tapi seiring perkembangan zaman, malah banyak anak muda yang sudah terkena asam urat. Anak-anak muda, terutama di bawah 30 tahun, berisiko mengidap asam urat.

Asam urat umumnya tak hanya disebabkan pola makan yang salah, tetapi juga obesitas dan sering meminum minuman beralkohol.

6. Alzheimer
Gangguan memori biasanya terjadi pada orang dengan usia 65 tahun, tetapi orang dengan usia lebih muda juga memiliki risiko yang sama.

Menjadi pikun memang merupakan bagian proses penuaan dari siklus hidup manusia. Namun, dari usia muda sudah terjadi penurunan daya ingat, lebih baik dicek kembali. Para ahli menyarankan untuk selalu menyeimbangkan fungsi otak dengan cara menggunakan bagian otak yang jarang digunakan, seperti mempelajari bahasa baru atau bermain alat musik.

7. Osteoporosis

Tak hanya diderita wanita tua pasca menopause, osteoporosis juga mengancam remaja.

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol merapuhkan tulang Anda. Selain itu, tidak memenuhi asupan kalsium dan vitamin D untuk kekuatan tulang juga memicu osteoporosis dini. Rutinlah untuk selalu berolahraga, karena membantu membentuk otot, memperkuat tulang dan kepadatan tulang.

8. Hipertensi
Temuan dalam journal of the American Medical Association menunjukkan, hipertensi pada remaja mengalami kenaikan hingga lima persen.

Masalah obesitas dan riwayat kesehatan keluarga menyebabkan remaja cenderung mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, remaja dengan pola makan yang buruk dengan kadar garam tinggi juga memicu tingginya risiko hipertensi. [2]

Muda tak berarti Anda sehat. Berbagai penyakit siap menyerang Anda kapan saja.

Sumber :
[1] health.ghiboo.com/8-penyakit-mengincar-anak-muda-1
[2] http://health.ghiboo.com/8-penyakit-mengincar-anak-muda-habis
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...