Tuesday, April 12, 2011

KOPASSUS - Pasukan Elite Terhebat Ketiga di Dunia

KOPASSUS - TOP ELITE SPECIAL FORCES IN THE WORLD

Discovery Channel Military edisi Tahun 2008 pernah membahas tentang pasukan khusus terbaik di dunia. Seluruh pasukan khusus didunia dinilai kinerjanya dengan parameter menurut pendapat dari berbagai pengamat bidang militer dan ahli  sejarah. Posisi pertama di tempati SAS (Inggris), peringkat kedua MOSSAD (Israel) lalu peringkat ketiga adalah KOPASSUS (Indonesia).


Narator dari Discovery Channel Military menjelaskan mengapa pasukan khusus dari amerika tidak masuk peringkat terhormat. Itu karena mereka terlalu bergantung pada peralatan yang mengusung teknologi super canggih, akurat dan serba digital.

Pasukan khusus yang hebat adalah pasukan yang mampu mencapai kualitas sempurna dalam hal kemampuan individu. Termasuk didalamnya kemampuan bela diri, bertahan hidup, kamuflase, strategi, daya tahan, gerilya, membuat perangkap, dan lain lainnya

Kemampuan yang tidak terlalu mengandalkan teknologi canggih dan Skill di atas rata - pasukan luar Elit luar negeri lainnya menjadi nilai plus dari KOPASSUS. Itu pula yang menimbulkan anggapan 1 prajurit KOPASSUS setara dengan 5 prajurit reguler

Mungkin karena itu pula kenapa sekitar Tahun 90-an Amerika Serikat keberatan dan Australia ketakutan ketika Indonesia akan memperbesar jumlah anggota Kopassus.

 

Hayo sekarang siapa yang tidak kenal dengan Kopassus atau lebih di kenal dengan pasukan baret merah, pasukan khusus milik TNI ini kini merupakan pasukan terbaik ke 3 di dunia setelah SAS (Inggris) dan MOSSAD (Israel). SELAMAT untuk kopassus kita...

Ini adalah sebagian kecil prestasi Kopassus di dunia internasional

  1. Kopassus juga juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad. Wow hebat bukan!!! Nomor duanya SAS Australia.
  2. Kopassus menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen - pergerakan - penyusupan - penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA.
  3. Negara-negara afrika utara hingga barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira Kopassus.
  4. Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang di latih oleh Kopassus.
  5. Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategi KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika serikat malu di mata dunia.


hanya dengan melihat lambang ini pasukan militer dunia akan hormat dan tunduk kepada Kopassus karena 1 Pajurit kopassus setara dengan 5 Prajurit Reguler.

Mulai sekarang kita harus bangga menjadi Bangsa Indonesia OK?.....

Info ini didapat dari : saptokoji.blogspot.com

7 comments:

  1. Salam kenal.... kunjungi blog saya ya....
    (listiyonobudi.blogspot.com)

    kita tukeran link ya.... hehehehe...

    link blog Anda sudah saya pasang di blog saya...

    Makasih sebelumnya... salam kenal.... :)

    ReplyDelete
  2. hebat ... i like this one

    ReplyDelete
  3. Top 10 Badasses of the World’s Special Forces - Listverse

    http://listverse.com/2010/01/11/top-10-badasses-of-the-worlds-special-forces/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...